BREAKING NEWS

Kamis, 11 November 2021

Peringati Hari Pahlawan, Alumni PC IPNU IPPNU Kab Kediri 2017-2019 Sumbangkan Panduan Pembinaan Komisariat Bagi Pelajar NU di Indonesia


pelajarnu-kediri.or.id - Alumni Pengurus Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPNU IPPNU) Kabupaten Kediri Masa Khidmat 2017-2019 menyumbangkan sebuah karya berjudul Panduan Pembinaan Pimpinan Komisariat. Donasi ini merupakan rasa syukur atas terbitnya buku P3K dengan lancar dan baik, sehingga dapat diwujudkan dengan donasi buku panduan berupa file melalui grup-grup whats app pada Rabu (10/11/21) pukul 09.30 WIB sampek selesai. 
Buku yang setebal 106 halaman tersebut ditulis dan disusun oleh Ashlish Izzy, Ahmad Faris Fiddin, Afin Tri Saputra, Misbachul Umam, Ahmad Ridlowi, Devi Sucahyo dengan Pemeriksa & Validator Anwar Mujammil, S.Pd.I, dan diterbitkan oleh Training Kediri Foundation & Mantra Outbond Center serta dicetak dan disebarluaskan oleh Yayasan Limpat. 

Buku yang dicetak pada tanggal 10 Nopember 2021 tersebut, diciptakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional dan mendukung gerakan revolusi pelajar NU menuju generasi emas. Selain itu, buku tersebut ditulis sebagai wujud dedikasi dan khidmah nyata para alumni dalam rangka turut mendampingi dan mendukung pengembangan pendidikan NU di Komisariat. 

"Semoga curah-tulis pemikiran/ide kami ini, dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya dan disebarkan seluas-luasnya bagi seluruh pelajar NU di Indonesia,"  ungkap Ashlish Izzy dalam chat Whatsapp Grup Alumni. 

Ia juga menambahkan catatan untuk menyebarluaskan pdf buku tersebut kepada siapapun yang membutuhkannya. 

Daftar isi dalam buku tersebut memuat lima BAB, yang terdiri dari Dinamika Pendidikan Islam berbasis Organisasi, Posisi Komisariat dalam pendidikan, Kurikulum Pembinaan, Penjabaran Kompetensi Belajar,  dan Penutup. 

Pada bab satu tentang Dinamika Pendidikan Islam berbasis Organisasi memuat Deskripsi Umum, Tujuan Umum, Pandangan Sejarah. 

Pada Bab dua tentang Posisi Komisariat dalam lembaga pendidikan memuat Dasar Pemikiran, Posisi Komisariat di Lembaga Pendidikan & Pondok Pesantren, Mekanisme Koordinasi PK IPNU IPPNU sebagai Organisasi Utama, Ekstrakurikuler atau bagian dari OSIS untuk Sekolah dan PK IPNU IPPNU Sebagai organisasi utama atau Mitra di Pondok Pesantren. Dan terakhir memuat rekrutmen anggota serta rekomendasi tambahan. 

Pada bab tiga tentang Kurikulum Pembinaan memuat Rancangan Pelaksanaan Pembinaan, Silabus Kegiatan Pembelajaran, Tema Diskusi ber-Referensi, Materi Peningkatan Skill Non Akademis, Materi Kajian Keilmuan dan Kitab, Materi Kajian Keilmuan dan Kitab, Cara Penyusunan Kegiatan Bulanan, KONSEP PELAKSANAAN PADA SMP-SMA, dan KONSEP PELAKSANAAN PADA PONDOK PESANTREN. 

Pada bab 4 tentang Pembahasan Kompetensi Belajar memuat semua ringkasan materi dalam bab sebelumnya dengan rincian tujuan, pokok bahasan, catatan ringkasan materi, dan refleksi dilengkapi dengan judul materi serta penulisnya. Dan terakhir ditambahkan dengan beberapa bahan diskusi yang bisa dikembangkan sendiri baik dari segi 
pemilihan judul/tema yang disesuaikan dengan 
keadaan psikologi-sosial anggota, konstruk, sintaks, dan alur materi yang sesuai dengan kemampuan pengurus/pembina. 

Dalam bab 5 penulis menyampaikan bahwa rancangan yang ditulis bukan merupakan referensi terbaik untuk pelaksanaan pembinaan di komisariat, namun sebuah ikhtiar yang berusaha penulis realisasikan berangkat 
dari impian, keinginan mereka ketika masih menjadi pengurus tapi belum sempat mewujudkannya karena terbatas waktu, kesempatan, dan referensi sehingga barulah kini mereka bisa mewujudkannya yang merupakan sebuah pandangan umum dari para penulis secara pribadi berdasarkan pengalaman, pengetahuan, analisis pribadi, dan kecenderungan keilmuan masing-masing yang berusaha mereka wujudkan. 

Mereka juga menyampaikan harapannya yaitu "banyak rekan/rekanita yang mampu mengambil kemanfaatan dari tulisan kami ini. Dan tidak cukup berhenti di situ, dengan turut membuat buku/tulisan yang lebih baik lagi yang mampu menjadi referensi bagi semua orang," dikutip pada halaman 102 tentang harapan pada bab 5 penutup buku panduan pembinaan komisariat. 

Bagi Rekan Rekanita yang ingin mengunduh buku berbentuk PDF ini secara GRATIS bisa unduh di link dibawah ini 


Atau bisa menghubungi pengurus aktif PC IPNU IPPNU Kabupaten Kediri Masa Khidmat/Masa Bhakti 2021-2023.



Reporter   : Jazuli
Redaktur   : Nur
Editor       : Fita

Share this:

5 komentar :

  1. Semoga selalu istiqomah dalam berdakwah dan mengembangkan 😊

    BalasHapus
  2. Lanjutkan, tetap Istiqomah. Koreksi sedikit. Judul maksimal 11 kata, dan paragraf ampun terlalu panjang, agar pembaca tidak bosan.

    BalasHapus
  3. Kami sebagai pengurus PC IPNU IPPNU Kab Kediri masa khidmat 2021-2023 mengucapkan terima kasih banyak atas kepedulian alumni, semoga ini menjadi amal jariyah panjenengan sedoyo.. dan semoga dapat kami maksimalkan dalam melakukan pembinaan terhadap PK baik sekolah maupun PK PonPes di Kabupaten Kediri.. aamiin..

    BalasHapus

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group