BREAKING NEWS

Senin, 07 Januari 2019

TINGKATKAN SKILL KADER, DEPARTEMEN SENI BUDAYA DAN OLAHRAGA PC IPNU-IPPNU KAB.KEDIRI ADAKAN DIKLAT BERJENJANG.



Masih tentang Pengkaderan PC IPNU-IPPNU Kab.Kediri, namun kali ini program dari Departemen Seni dan Budaya yaitu Diklat Berjenjang II. Sebuah program pelatihan yang di gagas oleh Rekan Devi Sucahyo (Wakil Ketua III PC IPNU Kab.Kediri) dan semua anggota Departemen Seni Budaya dan Olah Raga atau sering di singkat DESBOR. Pelatihan yang di tujukan untuk meningkatkan kualitas kader IPNU-IPPNU di Kabupaten Kediri, dilakukan secara bertahap dan terus-menerus sehingga menghasilkan kader IPNU-IPPNU yang mempunyai Integritas dan kualitas tinggi.

Pelatihan yang berlangsung selama 4 kali pertemuan (03,10,12 dan 24 November 2018) setiap Sabtu malam dimulai pukul 21.00 wib - 04.00 wib bertempat di Kantor PC NU Kab. Kediri di ikuti oleh 30 IPNU dan 45 IPPNU yang meliputi perwakilan dari PAC IPNU-IPPNU dan PKPT IPNU-IPPNU se Kab.Kediri. Selama Pelatihan mereka diberikan materi tentang Pidato, Orasi, Debat, Master Of Ceremony (MC), Protokoler, Atribut Organisasi, Nada lagu Indonesia raya, Mars IPNU-IPPNU, Dirijen dan Etika Forum yang mana semua pematerinya adalah orang yang ahli dibidangya. 


Tujuan dari pelatihan ini adalah mencetak kader IPNU-IPPNU yang  menguasi beberapa bidang, mampu berpidato dengan baik, dapat berorasi dan membangkitkan semangat rekan atau rekanita di pac nya masing-masing, menguasai tehnik dalam berdebat, handal dalam menjadi MC, bisa menjadi protokoler (pengatur acara) yang professional, mengenal atribut organisai IPNU-IPPNU yang benar sesuai AD-ART dan PD-PRT, mampu menyanyikan lagu Indonesia raya mars IPNU-IPNU dengan nada yang baik dan benar, Mempunyai tehnik yang bagus dalam menjadi seorang dirijen dan juga memiliki etika yang baik dalam sebuah forum atau penampilan. Tak hanya itu para peserta Diklat Berjenjang juga diberi wawasan kebudayaan yakni tentang Wayang Kulit yang di sampaikan oleh PC LESBUMI NU kab.Kediri.  


Setelah melalui rangkaian pelatihan tersebut para Kader Diklat Berjenjang (KDB) tidak serta merta bisa lulus pelatihan, untuk lulus para kader harus mempunyai nilai yang memenuhi kriteria kelulusan. Karena tim dari DESBOR memiliki standart yang cukup tinggi untuk kelulusan peserta, mereka harus menyelesaikan tugas setiap kali pertemuan, absensi dan kedisiplinan pun menjadi sangat penting dalam kriteria kelulusan, dan mereka harus membuat tugas mandiri yaitu membuat pelatihan MC dan Mars di masing-masing PAC nya, serta membuat laporan tentang tugas mandiri tersebut.
Dan akhirnya setelah menyelesaikan semua itu Kader Diklat Berjenjang (KDB) yang lulus sebanyak 29 IPNU dan 30 IPPNU, semua kader tersebut dikembalikan ke PAC IPNU-IPPNU masing masing untuk mengembangkan ilmu yang telah mereka dapat guna kemajuan dan peningkatan kualitas IPNU-IPPNU di wilayahnya masing-masing. Dengan  pelatihan yang sudah terkonsep sedemikian amat baik tak heran jika program Diklat Berjenjang termasuk program baru yang  mampu meraih Juara Ke-3 dalam IPNU Award PW IPNU Jawa Timur 2018.

Penulis  : Misbakhul Huda
Editor    : Laila Kartika Sari
                Irma Fitriana

Share this:

4 komentar :

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group