BREAKING NEWS

Selasa, 09 Maret 2021

Perjuangan Keras Dibalik Suksesnya Kader Nyondro Berjenjang

Malam Anugerah Kader Nyondro Berjenjang 2021 berlangsung meriah tepat pada Jumat, 05 Maret 2021. Acara yang dikonsep sederhana tersebut mampu menyita perhatian rekan rekanita Pimpinan Anak Cabang se-Kediri Raya. Seperti kata Rekan Khadiq "Sebenarnya kalau dari acaranya sendiri sederhana, tapi para peserta yang diikutkan di KNB itu selalu terbuka pada saya, sering cerita mengenai kegiatan nyondronya jadi akhirnya saya tertarik mengikuti aktivitas mereka. Saya kira kegiatan nyondro ini menarik untuk dibawa ke ranting", dapat memotivasi pelajar untuk dijadikan program inovasi di tingkat Pimpinan Ranting ataupun tingkat Pimpinan Anak Cabang.

Acara tersebut berlangsung dengan meriah dan luar biasa. Dari penelusuran kami, diklat Kader Nyondro Berjenjang telah dipersiapkan dengan matang sejak jauh-jauh hari. "Untuk acara KNB sendiri sudah dipersiapkan sejak bulan November 2020." tutur Adjie selaku ketua pelaksana Kader Nyondro Berjenjang.

Diklat Kader Nyondro Berjenjang merupakan sebuah agenda diklat dari Departemen Seni Budaya dan Olahraga Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Kabupaten Kediri.  Diklat perdana ini diharapkan mampu mendongkrak kesadaran para pemuda khususnya IPNU IPPNU di Kediri raya agar turut melestarikan budaya daerah. Keberhasilan Diklat Nyondro Berjenjang tentunya tidak lepas dari campur tangan para panitia.

Para panitia yang berasal dari segala penjuru Kediri mengesampingkan kesibukan demi suksesnya acara ini. "Haduh kalo rapat sudah tidak bisa dihitung lagi, pulang malam sudah terbiasa demi lancarnya acara." tutur Fefi selaku panitia. Menyorot kesuksesan panitia kali ini, tak ada keberhasilan tanpa kendala. Kendala utama dan paling dirasakan adalah terkait jarak tempuh dan kesibukan dari masing-masing panitia. "Rata-rata  rumahnya jauh-jauh dan cuaca tidak menentu. Selain itu, sebagian panitia juga ada yang sudah berumah tangga jadi harus membagi waktu antara organisasi dan keluarga." tutur Adjie.

Selain itu, keseruan demi keseruan kerap kali tercipta ketika para panitia berkumpul untuk membahas acara Diklat Kader Berjenjang tersebut. Tak hanya keseruan, cekcok dan saling berselisih paham juga kerap mewarnai rapat demi rapat panitia. Dari banyak kisah perjuangan dan usaha panitia inilah yang dapat lebih mempererat rasa kekeluargaan antar anggota Departemen Seni Budaya dan Olahraga. Mewakili para panitia, Adjie menuturkan "Kami harap, kader nyondro bisa bermanfaat untuk masyarakat dan ilmunya bisa disalurkan ke masyarakat khususnya bisa menjadi dongkrak untuk menaikkan nama IPNU IPPNU di masyarakat serta bisa menyalurkan ilmu ke ranting masing-masing.”

Keberhasilan diklat ini merupakan suatu pencapaian yang baik dari Departemen Seni Budaya dan Olahraga.  Diklat Kader Nyondro ini dikatakan berhasil karena "Mulai persiapan seleksi banyak calon peserta yang antusias mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi KNB namun hanya sekitar 60 peserta yang lolos mengikuti kegiatan KNB dalam proses pendidikannya. Tahapan Pendidikan selama 1 bulan 4 kali pertemuan. Sedikit Peserta yang izin untuk tidak mengikuti pendidikan setiap pertemuannya. Hampir semua selalu mengikuti proses materi yang disampaikan oleh pemater. Selain itu, Kegiatan ditutup dengan lomba Nyondro yang benar - benar  kita persiapkan untuk mencari kader kader yang memiliki jiwa seni khususnya dalam bidang Nyondro  agar dapat melestarikan budaya jawa dan meneruskan ilmu yang telah didapat. Ada 10 peserta yang siap menjadi calon calon tersebut.. Dan menurut pemateri dan juri juga kader kader sangat berpotensi dan memiliki kemampuan untuk nyondro dan siap terjun di masyarakat." Tutur Lala selaku Ketua Pimpinan Cabang Ippnu Kab. Kediri.


Elly Riana Sari (PAC Ringinrejo) Sebagai Penulis
Wifqi amalia (PAC Grogol) Sebagai Reporter
Mochammad Rayhan Cundaputra (PAC Purwoasri) Sebagai Editor
Isma Febiyanti Nur Azizah (PAC Banyakan) sebagai Reporter
Yuliana Wulan Aprilia (PAC Badas) sebagai Reporter

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group