BREAKING NEWS

Selasa, 09 Maret 2021

Pengukuhan Wujud Sakral Departemen Kaderisasi PC IPNU IPPNU Kab. Kediri


Departemen Kaderisasi Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU), mengadakan pengukuhan Latihan Pemimpin-Latihan Pelatih (Latin-Latpel) di Pantai Gemah Tulungagung, (7/3/2021). Acara tersebut merupakan puncak pengkaderan mereka menjadi pelatih di tingkat Kab. Kediri, setelah melewati beberapa kali tindak lanjut (TL). Mulai dari TL 1 sampai TL terakhir ke 5, dan akhirnya di puncak pengukuhan yang menjadi pusat perhatian rekan rekanita se Kediri raya bahkan sampai Masyarakat sekitar. Dibalik perhatian yang luar biasa ini pasti ada banyak cerita, kendala, permasalahan, dan waktu yang harus ditepati.

Pengkaderan Pelatih ini bukan sembarang pengkaderan jadi selain mengikuti kegiatan di awal wajib hukumnya mengikuti TL. Tindak Lanjut disini dilaksanakan secara tergesa-gesa dan di percepat. Tindak lanjut yang biasanya ditempuh selama 1 tahun, untuk kali ini hanya 3 bulan, karena kondisi pandemi covid-19 yang mengharuskan beberapa kegiatan vacum dan program-program berjalan secara singkatTutur Lukman, Ketua Pelaksana Latin-Latpel. Acara ini juga dibina oleh Pemateri luar biasa yakni Bpk. Yusuf Darmanto selaku Pembina PC IPPNU Kab. Kediri. Adanya pemateri yang luar biasa pasti pula pengukuhan ini lebih sakral dan menarik perhatian masyarakat sekitarnya. seperti kata salah satu panitia" acara yang biasanya bertempat di masjid kali ini di tempatkan di pantai, karena ada sisi mistis dibanding masjid. Dalam artian lebih kuat menancap di pikiran, ketika berada ditempat yang jauh akan kepikiran tentang berorganisasi jadi ingat saat pengukuhan.” kata Yusuf. Dalam kegiatan tersebut, ketua panitia Lukman juga menuturkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan di pantai untuk memberikan ilmu spiritual secara langsung.

Kemudian pada prosesi pengukuhan, para peserta Latin-Latpel dibaiat untuk membersihkan diri dan menanamkan dalam diri untuk selalu teguh, berani mengambil resiko dan menanamkan makna Merah Putih. Merah Putih itu nyawa, harus ditekankan dipikiran, jangan dibuat main-main. Tidak gampang memasang Merah Putih disitu. Itu menyangga negara, ada ratusan ribu nyawa.Kata Pembina PC IPNU Kab. Kediri. Kemudian Mengajak peserta untuk mencium tanah dan air sebagai buktinya. Dipundak kalian sudah ada istilahnya tanggung jawab yang diemban, sebelah kiri menyimbolkan tanggung jawab pada negara. Dengan kata kunci ketika kita lelah, tetap tenang dan tabah.  Imbuh Pembina saat meletakkan tanah pada pundak para peserta.

Rekanita Eva sebagai peserta Latin-Latpel perwakilan dari PAC kunjang mengatakan bahwa saat prosesi pengukuhan, para peserta sangat antusias dalam kegiatan pelatihan ini. Karena banyak hal yang dapat dipelajari, terutama untuk kemampuan yang dimiliki

Dalam kegiatan tersebut, ketua panitia Latin-Latpel Lukman juga menuturkan bahwa harapan kedepannya untuk Kader Latin-Latpel bisa istiqomah, menahkodai kaderisasi.


Reporter                      : Ririn Nur Afifah PAC Kunjang

  Vita Anjeliya Agustina PAC Kunjang

Photographer              : Mohammad Khoiru Rosyadi PAC grogol

                                      Khafidh Adiyogana PAC Ringinrejo

Editor                          : Salsabilla Chyntia Dewi PAC Ngadiluwih

                                      Laila Nikmatul Khoiroh PAC Kandangan


Share this:

5 komentar :

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group