BREAKING NEWS

Jumat, 26 Maret 2021

Pemersatu Ilmu Seputar IPNU-IPPNU (Madrasah Advance)

 


Madrasah Advance adalah nama event yang baru-baru ini diadakan PC IPNU-IPPNU Kab. Kediri bertempat di MA Ma’arif NU Kepung, Kediri. Acara tersebut berlangsung pada Ahad, 21 Maret 2021 disambut antusias oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) se- Kab. Kediri. Nampaknya, hampir seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) se- Kab. Kediri mengirimkan para delegasi guna menyukseskan acara ini. Selain itu juga para narasumber luar biasa turut dihadirkan dalam event kali ini. Dengan demikian, uforia mampu dirasakan hampir setiap kader beserta panitia. Terbukti dengan lahan parkir yang terisi hampir full oleh kendaraan partisipan. Ini menunjukkan bahwa memang kader-kader hebatnya Kediri nyata adanya.

Selain uforia kedatangan, para partisipan dan panitia juga meramaikan account social media mereka dengan gambar juga video seputar event ini. Menunjukkan betapa bangga dan meriahnya madrasah advance ini. Pelaksanaan madrasah advance tidak lari dari berbagai rangkaian protokol kesehatan seperti tes suhu, cuci tangan dan/atau menggunakan hand sanitizer, juga diwajibkan atas penggunaan masker ketika memasuki event area. Hal ini sedikit banyak juga akan semakin menambah kepercayaan partisipan bahwa aman dari covid-19 karena telah mengikuti standard protokol kesehatan yang dianjurkan.

Cukup disayangkan acara madrasah advance acara molor. Jadwal tidak sesuai rundown, karena faktor narasumber ada yang berasal dari luar kota dan peserta susah dikondisikan. “Dikarenakan terlambatnya pemateri dari PW Jatim perjalanan pasti jauh, maka dari itu pembukaan agak diperlambat, sembari menunggu pemateri tiba dilokasi, dan juga menunggu peserta yang lain datang” tutur Ashfia selaku panitia sie sekretariatan. Umpatan dalam batin sedikit banyak pasti menyelimuti kader. Namun tidak bisa 100% menyalahkan panitia karena mengingat jangkauan partisipan tidak semuanya dekat. Ada yang harus menempuh perjalanan hingga lebih dari satu jam lamanya untuk dapat mengikuti acara. Karena jauhnya jarak peserta yang harus ditempuh ke lokasi acara, misalnya dari PAC korcam Barat menuju lokasi korcam Timur. Jarak yang memisahkan juga menjadi salah satu faktor penyumbang molornya acara ini.

Banyaknya kelas diklat yang disediakan menjadi sumbangsih adanya uforia. Kela diklat yang diadakan adalah Kelas Diklat Administrasi IPNU-IPPNU dengan dua narasumber dari sekretaris umum PP IPPNU Rekanita Nafisatul Husniah dan sekretaris PW IPNU Jawa Timur Rekan M. Syaikhul Ma’arif, Kelas Diklat Administrasi CBP-KPP dengan narasumber dari Sekretaris DKW CBP KPP JATIM Rekan M. Thoif Nizar F. dan Rekanita Eni Barokatut T., Kelas Diklat Perawatan Jenazah dengan narasumber dari Pengurus LDNU Kab. Kediri Ust. Ainur Rofiq, Kelas Diklat Organisasi yang dinarasumberi oleh Rekan Ali Fahrudin yang menjabat sebagai wakil ketua I PW IPNU Jatim dan Rekanita Nurul Hidayati Ketua I PP IPPNU, dan Kelas Diklat Pengembangan PKPT dengan narasumber dari LKPT PW IPNU Jatim Rekan Ahmad Deni S. dan Rekanita Kamila.

Dalam event Madrasah Advance dirasakan banyak manfaatnya untuk kader IPNU IPPNU Kab. Kediri khususnya pada Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) se- Kab. Kediri.  Pada tiap-tiap kelas diklat memiliki manfaat sendiri. Salah satu manfaatnya dalam kelas diklat organisasi ialah PAC lebih memahami PD/PRT (Peraturan Dasar / Peraturan Rumah Tangga) dan PO (Peraturan Organisasi). Sedangkan kelas diklat administrasi ilmu yang diperoleh ialah tentang surat menyurat yang baik dan benar. Lainnya di kelas diklat perawatan jenazah ilmu yang dapat diambil ialah cara mengurus jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, hingga menguburkan. Kelas ke-4 diklat pengembangan PKPT “Manfaatnya banyak sekali, salah satunya bisa menambah wawasan ke PKPT an” ungkap Ida peserta dari kelas diklat pengembangan PKPT. Kelas terakhir diklat administrasi CBP-KPP yang sangat bermanfaat bagi kader DKAC se-Kab. Kediri, terutama dalam hal surat menyurat, absensi kegiatan, buku notulen, dan masih banyk lagi seputar administrative.

Harapan panitia semoga acara ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) terlebih para kader untuk senantiasa berkhidmat dalam Nahdlatul Ulama khususnya IPNU-IPPNU. Diperkuat juga dengan quotes Rekanita Nafis selaku narasumber, "Kita berkhidmat ya harapannya satu yaitu diakui sebagai salah satu santri Mbah Hasyim. Maka anggaplah ketika berkhidmat ya kita sedang nyantri kepada beliau. Kan barangsiapa yang diakui sebagai santri oleh beliaunya, maka dido'akan akan Khusnul Khatimah hingga anak cucu." Dari quotes yang diberikan Rekanita Nafis semoga kita semua mampu berkhidmat dalam organisasi dengan ikhlas.

 

Kelompok 6

1.      Binti Mufidatul Khoiriah (PAC Pagu) bertugas sebagai penulis

2.      Fatimatu Zahro'ilmi  (PAC Pare ) bertugas sebagai editor 1

3.      Friska (PAC Ngasem) bertugas sebagai fotografer

4.      Muti’atul Habibah (PAC Pagu) bertugas sebagai pewawancara

5.      Yudha Ahmad Pamungkas  (PAC Ngasem ) bertugas sebagai pewawancara

6.      Ulul Izza Al-Uluwiyah (PKPT STAI Hasanuddin) bertugas sebagai penulis revisi

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group