BREAKING NEWS

Senin, 11 Januari 2021

Semarak Harlah IPNU 65 – IPPNU 64, PKPT STAI Hasanuddin Pare Kediri gelar Dauroh Wathoniyah


Media Pers – Pare, Dalam rangka peringatan Hari Lahir IPNU 65 (24 Februari 2019) dan IPPNU 64 (2 Maret 2019) Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi IPNU IPPNU STAI Hasanuddin Pare Kediri menyelenggarakan acara Dauroh Wathoniyah (Seminar Kebangsaaan) dengan menghadirkan narasumber Prof. Dustin Carrel Cowell yang merupakan profesor of arabic language and literature dari University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat. Senin, (04/03/2019).

Acara ini merupakan kegiatan pertama kalinya bagi PKPT mendatangkan tamu dari luar negeri yang merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi PKPT, khususnya Akademik yang sangat antusias menyambut kedatangan beliau, Prof Dustin Carrel Cowell. Kegiatan ini sengaja dilakukan tidak hanya sebagai peringatan Harlah saja, akan tetapi hal terpenting tak lain yaitu dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kemampuan mahasiswa STAIH dalam pengajaran berbahasa asing, khususnya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang mana bahwa bahasa tersebut juga digunakan sebagai salah satu syarat dalam ujian munakosah skripsi. Sehingga menjadi suatu hal yang sangat positif bagi mahasiswa dalam menerima materi seperti ini yang bertemakan “Peranan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam Dunia Akademisi”.

Kegiatan ini selain diikuti oleh peserta dari mahasiswa STAIH, juga diikuti oleh peserta dari luar STAIH yakni dilingkup PKPT Matraman (PKPT IAIN Kediri, PKPT IAI Padi-Nganjuk, STAIM Nglawak) turut hadir pula PC IPNU-IPPNU Kab. Kediri dan PC IPPNU Kota Mojokerto dan peserta umum kurang lebih total ada sekitar 170 orang yang hadir. Dalam sambutannya, Puket III Bpk. Umar Faizi, M.Pd.I menuturkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa STAIH, khususnya dalam memotivasi mahasiswa dalam persiapan ujian skripsi yang akan diterapkan di kampus STAIH dan kegiatan semacam ini merupakan acara yang luar biasa dan apresiatif sekali kepada pelaksana, dalam hal ini PKPT terimaksih banyak.




Sementara itu, Rekan Masjohanudin (selaku Ketua Panitia) dalam sambutannya yang kedua, juga mengatakan bahwa acara ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami (PKPT) bisa menyelenggarakan acara seperti ini, “meskipun dengan konsepan yang sangat sederhana namun dapat memberikan hasil yang istimewa”. Tak terlepas dari itu bahwa ini juga berkat bantuan dari Rekan Wardiasyah (selaku sahabat akrab Prof. Dustin yang juga merupakan alumni Mahasiswa STAIH) sehingga beliau bisa hadir di majlis ini memberikan kajian tentang bahasa asing yang kami rangkai dalam peringatan Harlah IPNU-IPPNU. Tak kalah pentingnya juga, acara ini bisa berjalan sukses juga atas bantuan dari para donatur dan juga sponsor yang mensupportnya, saya ucapkan terimakasih banyak yang tak terhingga kepada semua pihak. Semoga acara ini mampu membawa dampak positif dan keberkahan bagi kampus STAIH, khususnya mahasiswa dan peserta yang hadir.




Dalam materinya, Prof. Dustin Carrel Cowell juga menyampaikan bahwa pembelajaran bahasa sebetulnya adalah peserta didik yang menjadi pusat pembelajaran, sedangkan guru hanyalah fasilitator dan sumber ilmu pengetahuan bagi para peserta didik. Dengan demikian maka seharusnya partisipasi aktif dari peserta didik memiliki porsi terbesar dalam kegiatan belajar mengajar. Intinya adalah bahwa seorang pengajar harus mendorong peserta didik untuk bisa lebih interaktif. Prof. Dustin juga menekankan kepada peserta, bahwa belajar Bahasa Arab bagi bukan penuturnya perlu latihan secara terus-menerus “al-mumârasah”. Pembelajar jangan takut salah selama proses pembelajarannya. “Bahasa Arab tidak sekedar ilmu pengetahuan tetapi ia juga memerlukan latihan”, imbuhnya.
Kemudian acara ini dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan do’a bersama yang dipimpin oleh Bpk. Drs. Samsul Hadi, M.Pd.I (selaku Puket II). Dan dipenghujung acara ditutup dengan pemberian cindera mata kepada Prof. Dustin oleh Ketua PKPT IPNU STAIH yakni Rakan Aqidullah Ahmad yang kemudian pemotongan tumpeng Harlah secara simbolik oleh Prof. Dustin yang kemudian diikuti seluruh peserta yang hadir dengan makan tumpeng bersama. 

[Red: JOE].

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group