BREAKING NEWS

Jumat, 24 Juli 2020

Bukan Tentang Popularitas Tapi Kualitas


Bukan tentang menjadi orang hebat atau sukses. Bukan juga menjadi seorang yang terpandang ataupun mencuri banyak perhatian. Namun, ini tentang berkhidmah dalam sebuah organisasi keagamaan. Bukan sebuah organisasi yang menurut sebagian orang keren. Memang tak sekeren OSIS di SMA atau BEM di lingkungan kampus. Hanya organisasi sederhana, namun bisa menjadi tempat belajar yang luar biasa. Sebagian orang belum mengenalnya tapi, itu bukan masalah baginya, karena menjadi terkenal atau dikenal bukanlah tujuan dari organisasi ini. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) namanya. Sebuah organisasi pelajar yang telah berusia 66 tahun (IPNU) 65 tahun (IPPNU). Mungkin ada yang bertanya-tanya apa gunanya ikut  IPNU-IPPNU ? Apa keuntungan yang didapat? atau hanya sekedar mengisi waktu luang karena gak ada kerjaan? tapi percayalah setelah kamu mengenal lebih dalam tentang IPNU-IPPNU pasti kamu akan jatuh cinta padanya, untuk mengenalnya mari kita coba uraikan pertanyaan yang sering muncul.
Pertama, Apa gunanya ikut IPNU-IPPNU?. Pertanyaan klasik yang sering terlintas dibenak setiap orang jika ingin melakukan sesuatu, coba kita telaah lagi apa yang bisa membuat IPNU-IPPNU menjadi berguna. Apakah kalian mengetahui fungsi masker itu untuk apa?  ya benar, untuk menyaring udara yang kita hirup agar terbebas dari racun atau bahkan virus yang menyebabkan kita sakit. IPNU-IPPNU juga demikian, salah satu peranya adalah menyaring hal-hal negatif yang masuk kedalam pemikiran para pelajar atau remaja yang pada umumnya masih labil. IPNU-IPPNU membantu para pelajar untuk tidak terjerumus dalam kenakalan remaja yang parahnya semakin tidak terkendali saat ini. IPNU-IPPNU juga memberikan ruang bagi para pelajar dan remaja untuk berkegiatan yang positif, membangun mental mereka menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap sesama, peduli tentang tradisi dan amaliyah Nahdlatul Ulama, mengerti tentang agama islam. Terlebih lagi aliran radikalisme dan anti Pancasila mulai menggerogoti negeri ini dan target utama mereka adalah para remaja, ini menjadi penting bagi IPNU-IPPNU untuk membentengi mereka. Dan masih banyak lagi yang tidak dapat diungkapkansebenarnya apa yang bisa di berikan IPNU-IPPNU.
Kedua, Apa Keuntungan yang didapat ? Apakah hanya sekedar untuk mengisi waktu luang?.  memang naluri seorang manusia mempertanyakan apa keuntungan yang didapat setelah melakukan atau bergabung pada sebuah organisasi. hal itu wajar dan tak ada yang salah, walaupun di IPNU-IPPNU tidak seperti itu. Di dalam organisasi ini kita hanya mengabdi dan memerjuangkan apa yang kita yakini yaitu, memertahankan ajaran Islam Ahlussunnah wal jamaah dan menyelamatkan generasi muda. Akan tetapi,tak ada salahnya juga jika kita menguraikan keuntungan yang bisa kita dapat disini. Kita ambil sebagian contoh kecil apakah kalian pernah melihat poster atau iklan tentang sebuah kelas Publik Speaking? Berapa yang harus kalian bayar untuk mengikutinya? bisa ratusan hingga jutaan rupiah untuk sekali pertemuannya. Tapi, jika kalian ikut salah satu program yang ada di organisasi ini yakni “Diklat Berjenjangnya IPNU-IPPNU Kab.Kediri”  kalian tak perlu merogoh kocek sangat dalam tak sampai 50 ribu dan itu untuk beberapa kali pertemuan. Eh, berarti acaranya gak berkualitas dong kan murah banget? Eitss,, jangan salah,, IPNU-IPPNU walaupun budget murahan namun kualitas pelatihannya tetap mewah loh.
Disamping itu, tutor yang didatangkan juga tak kalah menariknya. Bukan hanya melibatkan tutor lokal saja namun juga hingga nasional. Jangan hawatir untuk kalian yang merasa belum punya bekal ataupun keahlian. Disana kalian akan belajar dasar public speaking serta akan didampingi prakteknya hingga menjadi seorang public speaker yang handal. Atau contoh keuntungan lainya, bagi kalian yang sedang menempuh kuliah terutama di jurusan Pendidikan, IPNU-IPPNU bekerjasama dengan banyak Lembaga Pendidikan untuk mengisi kegiatan didalamnya. Bukankah itu sebuah kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mengajar kalian?. Tak kalah pentingnya, kalian juga dapat membangun koneksi dengan Lembaga Pendidikan. Sehingga, ketika lulus kuliah kalian tak akan kesulitan mencari tempat untuk mengajar. Sebenarnya banyak lagi keuntungan yang bisa didapat jiga bergabung dengan IPNU-IPPNU. Bahkan, jika kita membahasnya mungkin tulisan ini akan menjadi sebuah novel yang berepisode. Tapi Keuntungan yang paling tidak bisa diukur oleh apapun adalah keberkahan yang ada didalamnya.

Pada dasarnya IPNU-IPPNU adalah wadah bagi para pelajar untuk berjuang dan mengembangkan diri selaras dengan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah.  Tidak menghitung untung atau rugi dan juga bukan mempertanyakaan apa yang akan didapatkan. IPNU-IPNU adalah tempat mengabdi bukan tempat untuk mencari eksistensi, jangan ikut IPNU-IPPNU hanya untuk bahan selfi atau eksistensi diri jika perjuanganmu ingin bermakna. Berjuanglah dengan keikhlasan insyaAllah Keberkahan yang akan didapatkan. Jika keberkahan selalu kau menyertaimu maka kemudahan segala urusan dan kebahagiaan akan terus berdatangan.  (Red, Misbakhul Huda)

Share this:

5 komentar :

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group