BREAKING NEWS

Selasa, 05 Mei 2020

Tunjukkan Jalan Corona Pulang


COVID – 19 merupakan sebuah virus yang menyerang saluran pernafasan manusia. COVID-19 pertama kali ditemukan mewabah di Kota Wuhan, China pada bulan Desember 2019. Berdasarkan keterangan World Health Organization (WHO), virus ini menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan cairan yang berasal dari hidung atau mulut orang yang terjangkit, misalnya batuk atau bersin. Percikan tersebut kemudian jatuh dan menempel pada benda-benda di sekitarnya. Orang yang menyentuh benda tersebut lalu menyentuh hidung, mulut, atau mata dapat terjangkit virus ini.
Virus ini mulai teridentifikasi masuk ke Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020. Adapun untuk wilayah Kabupaten Kediri, per 24 April 2020 telah ditemukan 14.336 kasus ODP, 484 kasus ODP, 69 kasus PDP, dan 21 kasus terkonfirmasi positif dengan jumlah sembuh 2 orang dan meninggal 4 orang. Dari banyaknya kasus tersebut, kesadaran individu untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga sangatlah penting. Hal ini dikarenakan tingkat penyebaran kasus COVID-19 terbilang cukup pesat dan berisiko mengancam nyawa bagi orang yang memiliki sistem imun rendah.
Menanggapi kondisi tersebut, PAC IPNU IPPNU GAMPENGREJO mengadakan program pencegahan COVID-19 sebagai bentuk kepedulian IPNU IPPNU terhadap warga dan lingkungan sekitar. Dalam hal ini, PAC IPNU IPPNU membagikan sabun cuci tangan, handsanitizer dan 263 masker. Adapun sasaran kegiatan adalah 23 masjid, pasmasyarakat di wilayah Gampengrejo. Masjid dan pasar merupakan 2 tempat dengan tingkat penyebaran yang cukup tinggi mengingat saat ini adalah bulan Ramadhan dan antusiasme masyarakat gampengrejo untuk melaksanakan tarawih di masjid juga cukup tinggi, sehingga sangatlah penting untuk meminimalisir bertambahnya kasus penyebaran covid 19. Adapun masjid-masjid tersebut tersebar di 11 desa yaitu Desa Jongbiru, Desa Putih, Desa Sambirejo, Desa Sambiresik, Desa Turus, Desa Plosorejo, Desa Kepuhrejo, Desa Kalibelo, Desa Gampeng, Desa Ngebrak, dan Desa Wanengpaten.
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus PAC IPNU IPPNU Gampengrejo yang terbagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-7 orang yang kemudian menyebar sesuai desa yang telah ditentukan. Untuk pelaksanaannya dilakukan dalam 2 tahap, yaitu tanggal 2 April 2020 dan 29 April 2020. Pada tanggal 2 April 2020, kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan melakukan persiapan di Kantor MWC NU Gampengrejo. Kemudian masing-masing kelompok menyebar ke desa-desa yang ditentukan. Setelah tugas selesai, masing-masing kelompok kembali ke Kantor MWC NU Gampengrejo untuk menyerahkan bukti serah terima dan evaluasi. Kegiatan ini berakhir pada pukul 13.00 WIB. Adapun pada tanggal 29 April 2020, kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dan dilakukan di sekitar Pasar Turus dan Wilayah Gampengrejo dengan membagikan masker kepada pedagang dan masyarakat yang melintasi wilayah tersebut.


Dengan adanya kegiatan tersebut, semoga corona segera pulang dan aktivitas dapat kembali berjalan normal seperti sediakala. Aamiin. (PAC IPNU IPPNU Gampengrejo pada Rabu, 29 April 2020)Sumber Berita:
-              www.covid19.kedirikab.go.id
-              www.who.int
-              www.covid19.go.id

 


Redaktur : Rouf
Reporter : Rahma
Editor      : Anifa

Share this:

1 komentar :

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group