BREAKING NEWS

Kamis, 23 April 2020

Ramadhan Kareem


Sahabat syurga yang dirahmati alloh..
            Alhamdulillah, Tibahlah saatnya di bulan yang sangat istimewa bagi kaum muslim di seluruh dunia. Dimana, setiap amal baik yang dikerjakan akan dilipat gandakan pahalanya. Menyambutnya dengan rasa gembira, juga akan mengubah setiap hembusan nafas kita menjadi sebuah pahala. Selain itu, umat muslim juga diwajibkan untuk menjalankan rukun islam yang ke-3 yaitu puasa, seperti firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ
            Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Q.S. Al-Baqarah : 183)
            Imam Izzuddin bin Abdis Salam di dalam kitabnya Maqsidus Shaum menafsirkan bahwa maksud dari firman Allah swt. la’allakum tattaqun adalah agar kalian terpelihara dari panasnya api neraka dengan berpuasa. Artinya puasa dapat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa yang dapat menjerumuskan kita ke dalam api neraka.
            Sementara itu, di dalam kitab Jalalain ditafsirkan bahwa la’allakum tattaqun adalah (puasa diwajibkan) agar kalian terpelihara dari kemaksiatan-kemaksiatan. Di mana yang menjadi permulaan munculnya syahwat adalah disebabkan dari kemasiatan-kemaksiatan itu.berpuasa
            Marilah di bulan yang penuh berkah ini, kita siapkan diri kita untuk menyambut dengan riang gembira, sebagimana hadist berikut :
"Barangsiapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka. (Nash riwayat ini disebutkan di kitab Durrat An-Nasihin)
Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan. Maka dari itu, kita harus gunakan momentum langka ini untuk melebur dosa dari perbuatan maksiat yang kita lakukan lalu, dengan perbuatan kebajikan sekarang. Karena, kita tak akan tau seberapa lama hidup kita. Kita juga tidak tau, apakah kita akan betemu bulan penuh barokah ini lagi atau tidak tahun depan. Oleh karena itu, mari kita berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan dan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang mendekatkan kita pada api neraka. (R.A/Tik)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 PC IPNU IPPNU KAB. KEDIRI. Designed by Ragiel Boy's Group